Pembiasan Pada Dioda

robotics-university.com | Dalam penggunaannya, dioda memiliki dua cara pembiasan, yaitu pembiasan maju (forward bias) dan pembiasan balik (reversed bias). Berikut penjelasannya:

1. Pembiasan Maju Pada Dioda (Forward Bias)
Bias maju (forward bias) adalah hubungan yang dihasilkan oleh pusat sumber negatif suatu battery dihubungkan dengan bahan tipe-n dan pusat positif dihubungkan dengan bahan tipe-p (Malvino, 2003: 45)

Gambar 1. Dioda dengan bias maju (forward bias)

Dengan pembiasan secara maju, mengakibatkan arus listrik yang melewati sambungan bahan tipe-n dan tipe-p akan diteruskan, sehingga apabila pada rangkaian pembiasan dioda secara maju ini diberikan beban berupa lampu, maka lampu akan menyala. Lihat gambar 1!

Hal ini terjadi karena forward bias akan menyebabkan hilangnya area deplesi pada sambungan bahan tipe-n dan tipe-p secara penuh, sehingga dapat dikatakan bahwa pada sambungan bahan tipe-n dan tipe-p dioda seolah-olah tidak ada penghalang sama sekali.
Ingat! :
Pada forward-bias, hole-hole dan elektron-elektron bebas bahan semikonduktor tipe-n dan tipe-p akan “didorong” oleh sumber tegangan menuju sambungan antara bahan tipe-n dan tipe-p. Sehingga menyebabkan arus listrik akan secara terus-menerus melalui dioda.

2. Pembiasan Balik Pada Dioda (Reversed Bias)
Bias balik (reversed bias) adalah hubungan yang dihasilkan oleh pusat sumber negatif battery dihubungkan dengan bahan tipe-p dan pusat positif dihubungkan dengan bahan tipe-n (Malvino, 2003: 46)

Gambar 2. Dioda dengan bias negatif (reversed bias)

Dengan pembiasan secara balik (reversed), mengakibatkan arus listrik yang melewati sambungan bahan tipe-n dan tipe-p akan dihambat, sehingga apabila pada rangkaian pembiasan dioda secara balik ini diberikan beban berupa lampu, maka lampu akan tidak menyala. Lihat gambar 2!

Hal ini terjadi karena reversed bias akan menyebabkan area deplesi pada sambungan bahan tipe-n dan tipe-p semakin meluas, sehingga dapat dikatakan bahwa pada sambungan bahan tipe-n dan tipe-p dioda terdapat penghalang (gap) yang menghalangi aliran listrik pada dioda.
Ingat! :
Pada reversed-bias, hole-hole dan elektron-elektron bebas bahan semikonduktor tipe-n dan tipe-p akan “ditarik” oleh sumber tegangan menjauhi sambungan antara bahan tipe-n dan tipe-p. Sehingga menyebabkan hole-hole dan elektron-elektron bebas akan dengan mudah keluar dari sambungan dan arus listrik tidak akan mengalir melalui dioda.

3. Grafik dioda berbahan Silikon (Si)
Gambar 3 di bawah ini, menunjukkan grafik pembiasan maju (forward bias), pembiasan mundur (reserve bias), dan posisi breakdown dioda berbahan Silikon.

Gambar 3. Kurva dioda berbahan Silikon (Si)



______________
Sumber pustaka:
Malvino, 2003, “Prinsip-Prinsip Elektronika”, Terjemahan, Salemba Teknik, Jakarta
Taufiq Dwi Septian Suyadhi, 2010, “Buku Pintar Robotika”, ANDI Offset, Yogyakarta
Introduction to Diodes And Rectifiers, klik di sini!
Share on Google Plus

About Taufiq D.S. Suyadhi

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment