Power Supply Robot2

robotics-university.com | Gambar 1 menampilkan skematik elektronik power supply yang digunakan pada sistem elektronik robot-1. Pada rangkaian power supply ini memiliki dua buah tegangan keluaran, yaitu +12 volt dan +5 volt DC. Tegangan +12 volt digunakan sebagai pencatu tegangan motor DC yang dikendalikan oleh driver motor H-bridge dalam IC L298.


Gambar 1. Power supply robot2

Gambar 1 adalah gambar skematik power supply robot2. Rangkaian power supply tersebut merupakan rangkaian power supply yang umum digunakan dalam pembuatan sistem elektronika robot atau embedded system, yaitu menggunakan regulator tegangan 5 volt DC IC 7805. Komponen regulator ini umum digunakan ketika kita menggunakan komponen-komponen berdaya kecil, seperti IC, resistor ¼ watt, LED, LCD, dan sebagainya. Demikian juga pada robot2, ada beberapa komponen yang menggunakan tegangan kerja ±5 volt DC seperti resistor, LED, IC LM339, dan diode 1N4148.

Apabila kita perhatikan, rangkaian power supply robot2 memiliki perbedaan jika dibandingkan dengan rangkaian power supply pada umumnya. Lihat gambar 1! Tegangan keluaran IC regulator 7805 dihubungkan dengan kaki basis (B) komponen transistor TIP3055 dan kaki kaki kolektornya terhubung dengan tegangan battery (±12 volt). Secara teori, konfigurasi power supply seperti ini akan menghasilkan tegangan output 5 volt DC dengan arus ±5 ampere pada kaki emitor TIP3055. Hal ini dapat dikatakan bahwa, rangkaian tambahan tersebut memiliki fungsi untuk menaikan level arus keluaran power supply. Rangkaian power supply seperti ini sering disebut dengan high current power supply. Tegangan 5volt/±5A (V1) akan digunakan sebagai tegangan kerja motor DC pada robot2. Sedangkan tegangan +5 volt keluaran IC 7805 digunakan sebagai pencatu tegangan untuk komponen-komponen lainnya yang bekerja dengan baik pada tegangan catu +5 volt, seperti IC LM339, resistor, LED, diode, dan lainnya. Dengan menggunakan tegangan kerja 5volt/±5A, maka akan dapat menghasilkan kekuatan putaran motor DC (torsi motor) yang lebih kuat karena arus kerja motor yang cukup besar.

Share on Google Plus

About Taufiq D.S. Suyadhi

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment