BASCOM-AVR(8)_Display Angka 1 digit 7segment

robotics-university.com | Untuk proyek mengendalikan nyala display seven segment ini, kita membutuhkan perangkat keras (hardware) berupa papan aplikasi mikrokontroler yang mengikuti skematik elektronik seperti gambar dibawah ini. Dalam proyek latihan ini kita menggunakan tipe display 7segment common-anode.

Gambar 1. Skematik pengendali display 7segment 1 digit (CA)

A. DESKRIPSI PROGRAM
Program yang akan kita buat adalah program untuk menampilkan sebuah karakter angka pada display seven segment (1 digit). Dalam hal ini kaki-kaki bebas seven segment jenis common anode dihubungkan dengan PORTC mikrokontroler AVR ATmega16.

B. PROGRAM
Berikut ini adalah programnya:

$regfile = "m16def.dat"
$crystal = 12000000

Config Portc = Output
7segment Alias Portc ' data 7segment

Do
   7segment = &HC0 '&B11000000 = angka 0
Loop

Penjelasan program:

$regfile = "m16def.dat"

Pernyataan ini menunjukkan bahwa program yang kita buat ikut melibatkan file pre-prosesor m16def.dat. File ini telah disediakan dalam software BASCOM-AVR, sehingga kita tinggal memanggilnya dengan menggunakan perintah $regfile. File preprosesor ini berisikan kode-kode pengaturan yang berkaitan dengan register dalam mikrokontroler yang akan digunakan. Dalam program ini kita pilih IC mikrokontroler AVR Atmega16. Dalam menggunakan BASCOM-AVR kita harus menuliskan bagian program ini.

$crystal = 12000000

Pernyataan ini menunjukkan bahwa dalam membuat aplikasi mikrokontroler ini kita menggunakan kristal eksternal dengan frekuensi 12 MHz (12.000.000 Hz).

Config Portc = Output

Pernyataan ini adalah melakukan konfigurasi PORTC (salah satu register I/O dalam mikrokontroler AVR) supaya dapat berfungsi sebagai jalur keluaran (output).

7segment Alias Portc

Pernyataan ini berguna untuk mengganti nama register I/O PORTC dengan nama lain (alias). Dalam pernyataan tersebut PORTC namanya diganti dengan nama “7segment”. Hal ini biasanya dilakukan untuk memudahkan mengingat nama register yang digunakan dalam suatu program karena register akan dipanggil tidak dengan nama register asli namun dengan nama yang kita sukai dan mudah bagi kita untuk mengingatnya, seperti contoh diatas.

Do
   7segment = &HC0 '&B11000000 = angka 0
Loop

Blok program di atas merupakan program utama. Blok program ini menggunakan struktur perulangan Do-Loop. Sedang pernyataan/ekspresi yang diulang adalah proses menyalakan display 7segment yang dihubungkan dengan register “7segment” atau PORTC dengan memberikan nilai data 8-bit (&HC0) pada register “7segment. Nilai tersebut akan menampilkan angka nol (0) pada display seven segment. Untuk mengganti display angka yang lain, maka data yang dimasukan ke dalam register “7segment” harus diganti dengan nilai yang menampilkan angka 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, atau 9 seperti tampak dalam tabel 1 berikut ini.


C. COMPILE PROGRAM
Untuk mengetahui bagaimana cara meng-compile program yang telah kita buat dengan menggunakan sofware BASCOM-AVR, silakan membaca tulisan dalam website ini yang berjudul "Cara Menggunakan BASCOM-AVR." Klik di sini!

D. DOWNLOAD PROGRAM (*.hex)
Untuk mengetahui bagaimana cara men-download file program *.hex hasil compile kedalam IC mikrokontroler, silakan membaca tulisan dalam website ini yang berjudul "Cara Download Program (HEX)." Klik di sini!

Share on Google Plus

About Robotics University

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment