Seven Segment

robotics-university.com | Seven segment (7segment) adalah komponen elektronika yang berfungsi untuk menampilkan angka, huruf, atau karakter tertentu. Pada dasarnya, 7segment terbangun atas gabungan 8 buah komponen LED yang salah satu kaki (setiap LED) digabungkan menjadi satu. Gabungan kaki-kaki LED tersebut sering dinamakan dengan kaki bersama (common). Apabila kaki-kaki LED yang digabungkan adalah kaki-kaki anode (A), maka akan terbentuk 7segment common anode (CA). Sebaliknya, apabila kaki-kaki LED yang digabungkan adalah kaki-kaki katode (C), maka akan terbentuk 7segment common cathode (CC).

 
 Gambar 1. Seven segment


Gambar 2. LED pembangun 7segment CA dan CC


Gambar 3. Seven segment CA dan CC

Untuk menyalakan tiap-tiap segment display 7-segment supaya menampilkan angka, huruf, atau karakter tertentu, maka kaki-kaki bebas 7segment (A-B-C-D-E-F-G-Dp) harus diberi tegangan yang dapat menimbulkan beda potensial pada masing-masing LED penyusun 7segment. Pada 7segment common anode, kaki-kaki bebas 7segment harus diberi tegangan 0 volt (GND). Sedangkan pada 7segment common cathode, kaki-kaki bebas 7segment harus diberi tegangan 5 volt (Vcc). Untuk lebih mudah memahminya, tabel 1 dan tabel 2 berikut ini meperlihatkan cara pemberian logika pada kaki-kaki segment display seven segment CA maupun CC. Logika 0 sama dengan tegangan 0 volt, sedangkan logika 1 sama dengan tegangan +5 volt dc.


Perlu dipahami bahwa pada seven segment CA, segment pada display seven segment CC akan menyala apabila kaki-kaki bebas 7segment diberi logika 0 (0 volt). Sebaliknya pada seven segment CC, segment pada display seven segment CC akan menyala apabila kaki-kaki bebas 7segment diberi logika 1 (+ 5 volt).



Share on Google Plus

About Taufiq D.S. Suyadhi

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment