ROBOTICS UNIVERSITY. Diberdayakan oleh Blogger.

Teknologi Pembuatan Desain PCB

robotics-university.com | Perkembangan teknologi elektronika yang begitu pesat menjadikan kebutuhan pembangunan sistem elektronika yang handal dan berpenampilan menawan untuk tujuan pembuatan produk elektronika oleh para engineer atau untuk tujuan penelitian oleh para peneliti saat ini meningkat sangat besar. Berbicara tentang pembangunan sistem elektronika, maka tidak akan bisa lepas dengan bagian sistem elektronika yang disebut dengan printed circuits board atau di singkat dengan PCB. Desain PCB harus dibuat sebagus mungkin supaya mampu menawan hati para konsumen (user).


Gambar 1. Desain PCB sistem elektronika menggunakan EAGLE CADsoft

PCB adalah suatu papan berbahan fiber atau bahan lain yang pada permukaannya dilapisi dengan lapisan tembaga yang membentuk jalur-jalur berlubang penghubung antara kaki sebuah komponen elektronika dengan kaki-kaki komponen elektronika yang lain yang membangun suatu sistem elektronika. Definisi yang lebih singkat, PCB adalah papan berlapis tembaga yang berguna untuk memasang komponen-komponen elektronika pembangun suatu sistem elektronika.

Awalnya, pada permukaan papan berbahan fiber yang dilapisi tembaga tersebut belum terdapat jalur-jalur tembaga penghubung kaki-kaki komponen. Jalur-jalur tembaga tersebut terbentuk setelah melalui proses produksi PCB. Proses produksi PCB yang sangat perperan dalam menghasilkan jalur-jalur lapisan tembaga yang rapi dan menawan adalah proses pembuatan desain PCB. Seiring perkembangan zaman dan teknologi, pembuatan desain PCB saat ini telah dapat dilakukan dengan bantuan komputer atau lebih dikenal dengan istilah computer aided design (CAD). Dengan CAD, desain PCB dapat dibuat dengan bentuk dan ukuran apa saja yang tentunya sesuai dengan kebutuhan. Sebelum ada teknologi CAD, dahulu para engineer membuat PCB secara manual dengan menggunakan spidol yang hasilnya tidak sebagus tampilan PCB yang didesain menggunakan CAD. Jumlah lapisan atau layer PCB yang dapat dibuat dengan menggunakan CAD bisa mencapai puluhan layer. Tidak seperti pada masa pembuatan PCB secara manual, layer PCB yang dapat dibuat paling banyak hanya 2 layer dan itu pun sangat kesulitan dalam proses pembuatan desain dan realisasi fisik PCB-nya. Sungguh teknologi CAD telah menjadikan pekerjaan membuat desain PCB menjadi sangat mudah dan cepat. Dengan CAD sistem elektronika dapat dibuat sekompak mungkin sehingga menghemat biaya dan meningkatkan performa sistem elektronika yang dibangun menjadi sangat handal.

0 Comment For "Teknologi Pembuatan Desain PCB"

Kami hanya mengizinkan komentar yang berkualitas!

Back To Top