ROBOTICS UNIVERSITY. Diberdayakan oleh Blogger.

Pengetahuan Dasar Sebelum Membuat Desain PCB

robotics-university.com | Hal penting yang harus dimiliki oleh seorang desainer PCB dalam proses membuat desain PCB menggunakan software CAD adalah mengetahui nama dan simbol gambar berbagai komponen elektronika. Hal ini adalah harga mati. Tidak mungkin seseorang dapat membuat desain PCB yang baik tanpa adanya pengetahuan mengenai komponen-komponen elektronika.


Oleh sebab itu, bagi Anda yang baru memulai belajar membuat dengan PCB dengan bantuan software CAD dan belum memiliki pengetahuan mengenai komponen-komponen elektronika maka silakan menyimak penjelasan singkat dalam tulisan ini. Namun bagi Anda yang sudah memiliki pengetahuan tentang komponen-komponen elektronika, maka tulisan ini dapat Anda lewatkan.

Pada artikel ini penulis akan memberikan contoh dalam bentuk gambar beberapa komponen elektronika beserta simbolnya yang paling sering digunakan dalam pembangunan suatu sistem elektronika. Dalam penjelasan ini, penulis membagi komponen-komponen tersebut dalam 4 kategori, yaitu 1) Komponen tanpa polaritas; 2) Komponen berpolaritas; 3) Komponen saklar; dan 4) Integrated circuits (IC). Berikut ini adalah penjelasan selengkapnya.

1. Komponen Tanpa Polaritas

A. Resistor Tetap


B. Light Dependent Resistor (LDR)


C. Kapasitor Nonpolar


D. Kristal


2. Komponen Berpolaritas

A. Resistor Variabel


B. Kapasitor Polar


C. Diode


D. Light Emitting Diode (LED)


E. Photodiode


F. Transistor bi-junction
 

G. Phototransistor


H. Battery


3. Komponen Saklar
Komponen saklar memiliki fungsi untuk menghubungkan atau memutuskan aliran arus atau tegangan listrik pada suatu sistem elektronika.

A. Saklar On/Off


B. Saklar push-button


C. Saklar DIP (Dual inline Package)


D. Relay


4. Integrated Circuits (IC)
Dalam menggunakan komponen IC untuk pembangunan suatu sistem elektronika, perlulah kita mengetahui informasi mengenai konfigurasi pin IC, spesifikasi, dan karakter elektriknya. Informasi tersebut dapat kita peroleh di dalam dokumen datasheet komponen IC yang bersangkutan. Dokumen atau datasheet komponen ini dapat kita peroleh dengan cara mengunduhnya di internet, yaitu melalui laman produsen komponen atau pada beberapa laman penyedia datasheet komponen, seperti www.alldatasheet.com atau www.datasheetcatalog.com.

A. IC Gerbang Logika AND


B. IC Gerbang Logika OR


C. IC Gerbang Logika NOT


D. IC Gerbang Logika NAND


E. IC Gerbang Logika NOR


F. IC Gerbang Logika XOR


G. IC Gerbang Logika XNOR


H. IC Regulator Tegangan


I. IC Operational Amplifier (OpAmp)


J. IC Mikrokontroler AVR ATMEGA8




0 Comment For "Pengetahuan Dasar Sebelum Membuat Desain PCB"

Kami hanya mengizinkan komentar yang berkualitas!

Back To Top