ROBOTICS UNIVERSITY. Diberdayakan oleh Blogger.

Mengapa EAGLE CADsoft?

robotics-university.com | Saat tulisan ini penulis susun, salah satu software CAD pembuatan dengan PCB yang populer dan banyak digunakan oleh para pehobi, mahasiswa, akademisi, engineer, dan bahkan peneliti adalah EAGLE CADsoft yang merupakan buatan CadSoft Computer GmbH (www.cadsoftusa.com atau www.cadsoft.de). Apabila ada yang bertanya, mengapa memilih menggunakan software EAGLE CADsoft untuk membuat desain PCB dan bukan yang lain? Jawabannya adalah sebagai berikut:



Alasan pertama:
Karena software Eagle CADsoft mudah dalam penggunaannya, baik itu bagi desainer PCB pemula, anak sekolah, maupun desainer PCB professional. Penulis juga merasakan mudahnya menggunakan Eagle CADsoft dalam membuat desain PCB apabila dibandingkan dengan menggunakan software CAD PCB lainnya. Hal ini sesuai dengan namanya EAGLE yang merupakan kependekan dari Easily Applicable Graphical Layout Editor.

Alasan kedua:
Karena software EAGLE CADsoft bersifat open library, yaitu apabila ada library/pustaka komponen yang belum tersedia di dalam software instalasinya, maka library tersebut dapat dicari dan diunduh secara gratis (free) di website pendukung software Eagle CADsoft, www.cadsoftusa.com. Hal ini menjadikan pengguna software EAGLE CADsoft sangat terbantu.

Alasan ketiga:
Masih berhubungan dengan library komponen. Karena dengan software EAGLE CADsoft pengguna diperbolehkan membuat sendiri library komponen yang dibutuhkannya. Oleh sebab hal tersebut apabila kita menyermati library komponen yang tersedia di www.cadsoftusa.com, maka di sana tampak bahwa kontributor atau pembuatnya bukan hanya perusahaan komponen elektronika namun ada juga dari komunitas dan bahkan perorangan.

Alasan keempat:
Karena software EAGLE CADsoft kompatibel untuk komputer dengan sistem operasi yang paling terkenal di dunia saat ini, yaitu Windows, Linux, dan Mac baik yang 32-bit maupun yang 64-bit.

Alasan kelima:
Karena software EAGLE CADsoft menyediakan file-file ekstensi berupa User Language Programs (ULP) yang dapat digunakan untuk mengatur fitur-fitur tambahan yang pengguna perlukan. Salah satu file ULP yang pernah penulis gunakan adalah file “import-bmp.ulp” File ini digunakan untuk menempelkan file gambar berekstensi *.bmp pada desain layout PCB.

Alasan keenam:
Karena untuk instalasi, software EAGLE CADsoft tidak membutuhkan space memori penyimpan data dalam hardisk yang besar. Hanya sekitar 250 MB saja.

0 Comment For "Mengapa EAGLE CADsoft?"

Kami hanya mengizinkan komentar yang berkualitas!

Back To Top