ROBOTICS UNIVERSITY. Diberdayakan oleh Blogger.

Mengendalikan Multirotor Dengan X-bee

Robotics-university.com | Selain menggunakan RC, pengendalian jarak jauh multirotor dapat dilakukan dengan perangkat pengendali wireless yang lain, yaitu perangkat kendali modul radio frequency (RF) Xbee buatan DIGI. Salah satu seri dari modul Xbee yang dapat digunakan sebagai piranti pengendali jarak jauh multirotor adalah pasangan modul XBee dan XBee-PRO 802.15.4 OEM RF (lihat gambar 1). Modul Xbee ini menggunakan protocol jaringan IEEE 802.15.4 yang dapat digunakan dalam komunikasi dengan point-to-multipoint atau juga jaringan peer-to-peer dengan cepat.


Gambar 1. Modul XBee 802.15.4 dan XBee-PRO 802.15.4
(Sumber: www.digi.com)

Dalam aplikasinya, pasangan modul XBee dan XBee-PRO 802.15.4 salah satunya akan ditempatkan pada multirotor dan berfungsi sebagai penerima (RX) sinyal kendali. Kemudian modul yang lainnya akan ditempatkan pada perangkat pengendali yang dioperasikan oleh operator/pilot (di bumi) dan berfungsi sebagai pengirim (TX) sinyal kendali kepada multirotor. Lihat gambar 2.


Gambar 2. Diagram aliran data antarmuka UART antara modul Xbee-┬ÁC
(Sumber: www.digi.com)

Gambar 2 merupakan gambar diagram aliran data pada antarmuka serial (UART) antara modul Xbee dengan mikrokontroler. Berikut ini adalah tabel perbandingan spesifikasi antara modul XBee 802.15.4 dengan XBee-PRO 802.15.4.


Untuk mendapatkan informasi yang lebih lengkap dan rinci berkaitan dengan modul XBee 802.15.4 dan XBee-PRO 802.15.4, sebaiknya pembaca juga membaca data sheet dan application note yang terkait dengan kedua modul tersebut yang dapat diunduh di website resmi DIGI International, yaitu www.digi.com.

Tag : Multirotor, Xbee
0 Comment For "Mengendalikan Multirotor Dengan X-bee"

Kami hanya mengizinkan komentar yang berkualitas!

Back To Top