ROBOTICS UNIVERSITY. Diberdayakan oleh Blogger.

Mengendalikan Multirotor Dengan Remote Controller (RC)

Robotics-university.com | Pengendalian multirotor dilakukan secara jarak jauh dan tanpa kabel. Untuk keperluan tersebut, maka diperlukan perangkat pengendali jarak jauh yang tidak menggunakan kabel (wireless). Perangkat pengendali yang umum digunakan untuk tujuan tersebut adalah menggunakan radio/remote controller (RC).

Remote controller atau disingkat dengan RC adalah perangkat elektronika yang digunakan untuk mengendalikan gerak dan perilaku sistem multirotor dari jarak jauh tanpa menggunakan kabel. Secara umum, gerak yang dapat dilakukan oleh sebuah multirotor adalah gerak naik-turun (takeoff & landing), maju-mundur, geser kiri-geser kanan (horizontal), dan putar kiri-putar kanan (horizontal). RC bekerja dalam ruang frekuensi sinyal gelombang radio elektromagnetik tertentu. Perangkat RC biasanya terdiri atas dua bagian, dimana bagian pertama merupakan bagian pengirim sinyal kendali (transmitter, TX), sedangkan bagian kedua merupakan bagian penerima sinyal kendali (receiver, RX).


Gambar 1. Remote controller Hobby King 2,4 GHz (6 kanal)
(Sumber: www.hobbyking.com)

Dalam sebuah perangkat RC, bagian TX dan bagian RX dapat saling berkomunikasi dengan media gelombang radio yang memiliki frekuensi kerja sekitar 2,4 GHz. Hal ini berarti gelombang radio merupakan gelombang pembawa (carrier) sinyal kendali dari bagian TX menuju bagian RX.

Model RC sangat bervariasi, sebagai contoh silakan melihat gambar 1 dan gambar 3. Gambar 1 adalah gambar RC Hobby King 2,4 GHz yang memiliki 6 kanal, dimana keterangan bagian-bagiannya dapat dilihat pada gambar 2.

 
Gambar 2. Fungsi-fungsi stick RC 2,4 GHz (6 kanal)


Gambar 3. Remote controller Turnigy 2,4 GHz (9 kanal)
(Sumber: www.hobbyking.com)

Sedangkan gambar 3 adalah gambar RC Turnigy 2,4 GHz yang memiliki 9 kanal dan dilengkapi dengan sebuah display LCD yang berfungsi untuk menampilkan parameter-parameter pengaturannya.

Pada umumnya, sebuah RC memiliki 4 buah tuas/stick kendali utama yang digunakan untuk mengendalikan piranti yang terhubung dengan bagian penerima sinyal kendalinya. Keempat stick tersebut adalah stick Throttle, Rudder, Elevator, dan Aileron. Untuk fungsi keempat stick tersebut, akan penulis bahas pada tulisan selanjutnya. Selain keempat stick tersebut, pada beberapa tipe RC ada yang dilengkapi dengan stick/potensiometer tambahan yang biasanya diberi nama stick AUX1, AUX2, dan seterusnya. Pada sebuah multirotor, stick AUX dapat digunakan untuk mengendalikan fitur tambahan yang terdapat pada multirotor, misalnya mengendalikan arah hadap kamera yang dibawa multirotor untuk keperluan foto/video udara.

Tag : Multirotor, RC
0 Comment For "Mengendalikan Multirotor Dengan Remote Controller (RC) "

Kami hanya mengizinkan komentar yang berkualitas!

Back To Top