ROBOTICS UNIVERSITY. Diberdayakan oleh Blogger.

Instalasi USB Programmer

robotics-university.com | Untuk dapat menggunakan USB programmer perlu dilakukan instalasi, baik instalasi hardware maupun instalasi software.

1. Instalasi Hardware
Seperti halnya apabila kita akan menambahkan hardware (misal: printer, scanner, modem, dan sebagainya) pada komputer, maka setelah melakukan instalasi hardware melalui salah satu bus I/O komputer (USB misalnya) kita harus melakukan instalasi software-nya atau sering disebut sebagai instalasi driver. Sama halnya dengan USB programmer setelah hardware dihubungkan dengan port USB, maka driver USB programmer juga harus di instal.

Gambar 1. Contoh kit USB programmer
(Sumber : www.circuits-home.com)

Gambar 2 menunjukkan diagram blok instalasi hardware dari USB programmer. Bagian kiri, USB programmer dihubungkan dengan jalur USB komputer dan bagian kanan USB programmer dihubungkan dengan papan PCB yang padanya terdapat IC mikrokontroler yang akan diisi dengan program (*.hex).

Gambar 2. Instalasi USB programmer

2. Instalasi Driver USBasp
Setelah melakukan instalasi hardware, selanjutnya adalah melakukan instalasi driver USB programmer. Pada awal hardware USB programmer dihubungkan dengan USB komputer, maka komputer akan mendeteksi adanya hardware baru yang belum dikenali. Komputer akan menampilkan pesan seperti gambar 3.

Gambar 3.

Pesan yang muncul seperti pada gambar 3 menandakan bahwa hardware baru (USB programmer) telah terhubung dengan komputer namun software driver-nya belum terinstalasi, sehingga komputer belum mengenali “USB device” yang dihubungkan.

Download driver USBasp programmer di sini, klik!


Cara instalasi driver USB programmer, silakan mengikuti langkah-langkah berikut.

Langkah 1:
Buka Windows Explorer . Klik kanan “My Computer” (Computer) >> pilih “Properties”. Lihat gambar 4.

Gambar 4.

Maka akan muncul tampilan seperti gambar 5.

Gambar 5.

Langkah 2:
Kemudian klik kiri “Device Manager” pada bagian samping kiri windows gambar 5. Selanjutnya akan muncul jendela “Device Manager” seperti terlihat pada gambar 6.

Gambar 6.

Pada jendela “Device Manager” tampak root “Other devices” >> USBasp (USBasp adalah nama default dari hardware USB programmer yang akan diinstal driver-nya) yang masih memiliki tanda “!” yang menandakan bahwa driver dari device USBasp belum terinstal. Untuk itu, software driver USBasp perlu untuk diinstal (up-date). Caranya sebagai berikut:

Langkah 3:
Up-Date Driver USBasp. Klik kanan root USBasp >> pilih “Update Driver Software…”

Gambar 7.

Jika sudah, maka akan muncul jendela “Update Driver Software – USBasp” seperti tampak pada gambar 8.

Gambar 8.

Kemudian pilih “Browse my computer for driver software”, maka akan muncul jendela seperti gambar 9. Selanjutnya klik tombol “Browse…” untuk mencari dimana letak file instalasi driver USB programmer disimpan.

Gambar 9.

Setelah itu, maka akan muncul jendela “Browse For Folder”. Lihat gambar 10.

Gambar 10.

Pilih folder tempat dimana file instalasi driver USB programmer disimpan (pada contoh gambar 10, file instalasi driver USB programmer penulis simpan di dalam folder bernama ‘2. Win-driver’). Pilih salah satu folder yaitu folder “lib_0.1.10.1” atau folder “lib_0.1.12.1” kemudian klik “Ok”.

Gambar 11.

Jika letak file Update (driver) sudah diketahui, maka klik tombol “Next”. Lihat gambar 11. Selanjutnya proses “Update software driver device USBasp” akan berjalan. Lihat gambar 12.

Gambar 12.

Apabila proses Update software telah selesai dan berhasil, maka akan muncul jendela yang menyatalan bahwa Update software driver telah berhasil/sukses dilakukan (“Windows has successfully updated your driver software”). Lihat gambar 13 kemudian klik “close”.

Gambar 13.

Langkah 4:
Periksa kembali status koneksi hardware USB programmer pada “Device Manager”, jika sudah seperti tampak pada gambar 14 hal tersebut menunjukkan bahwa hardware USB programmer telah terinstalasi dengan baik.

Gambar 14.
Langkah 5:
Setelah semua langkah di atas selesai dilakukan, maka coba hubungkan kembali device USB programmer pada USB komputer. Jika ada suara “khas” windows ketika suatu hardware terkoneksi pada port USB komputer, maka itu menandakan bahwa driver USBasp sudah terinstall dengan baik. Dengan demikian kit USB programmer sudah dapat digunakan.


Catatan:
Sistem operasi yang penulis gunakan adalah Windows 7 Ultimate, sehingga untuk sistem operasi lain silakan menyesuaikan.



3 Comment For "Instalasi USB Programmer"

terima kasih, ilmunya sangat bermanfaat..
izin copas ilmunya buat di share beserta sumbernya :)

@ined: Terima kasih. silakan jika mau di share.

Kami hanya mengizinkan komentar yang berkualitas!

Back To Top