ROBOTICS UNIVERSITY. Diberdayakan oleh Blogger.

USB programmer

robotics-university.com | USB programmer adalah hardware antarmuka (interface) antara komputer dengan papan target mikrokontroler (sistem minimum) yang berfungsi untuk mengirim (download) file program yang kita buat (dalam format *.hex) ke dalam IC mikrokontroler target.

        Seperti dengan sebutannya, USB programmer, jalur data komunikasi yang digunakan adalah port universal serial bus (USB), bukan lagi port serial DB-9 atau pun port parallel DB-25 seperti kita temui pada downloader IC mikrokontroler pada beberapa tahun lalu. Hal ini menyebabkan USB programmer lebih nyaman dipakai untuk proses pengisian program ke dalam IC mikrokontroler. Selain itu, hal ini juga menjadikan USB programmer lebih praktis dan ringkas secara fisik. Penggunaan port USB sebagai jalur komunikasi, juga memudahkan programmer mikrokontroler dalam membuat aplikasi mikrokontroler, dimana kebanyakan dari mereka sudah tidak menggunakan komputer desktop namun menggunakan komputer jinjing (laptop) yang pada umumnya hanya dilengkapi port USB saja, tanpa dilengkapi dengan port serial DB-9 atau pun port parallel DB-25.
------ooo------
Thomas Fischl adalah orang yang telah berbaik hati membagikan hasil kerja perancangan hardware & software USB programmer kepada dunia secara gratis. Thomas Fischl menyebut hasil kerjanya itu dengan sebutan USBasp, yaitu suatu perangkat elektronik yang berfungsi untuk mendownload program (*.hex) ke dalam IC mikrokontroler. Perlu Anda ketahui bahwa USB programmer buatan Thomas Fischl ini dapat digunakan untuk mendownload program ke dalam IC mikrokontroler produk ATMEL yaitu, keluarga AVR Mega, beberapa keluarga ATtiny, dan juga keluarga MCS-51 (seperti AT89S2051, AT89S51, dan AT89S52). USBasp yang ilmunya dibagikan oleh Thomas fischl ini bersifat open-source baik skematik, firmware, hingga software pendukungnya. Apabila Anda ingin membuat sendiri USB programmer rancangan Thomas Fischl, maka dapatkan penjelasan selengkapnya pada laman resminya di www.fischl.de/usbasp. Dibawah ini adalah sedikit penjelasan mengenai USBasp programmer rancanganThomas Fischl.

1. Skematik



Gambar 1. Skematik USBasp programmer
Sumber : http://www.fischl.de/usbasp

Komponen utama USB programmer ini adalah IC mikrokontroler AVR ATmega48 (dapat diganti dengan AVR ATmega8 atau ATmega88). IC mikrokontroler AVR ATmega48 ini berfungsi untuk penghubung antara komputer dengan IC mikrokontroler target. Ia akan membaca data yang dikirim oleh komputer melalui port USB dan kemudian mengisikannya kedalam IC mikrokontroler target melalui jalur (line) In-System Programming (ISP).

Download file skematik & firmware USBasp programmer di sini, klik!

2. Konektor
Untuk hubungan antara USB programmer dengan IC target, maka dapat menggunakan konfigurasi terminal konektor STK-200. Lihat gambar 2.

Gambar 2. Konektor STK-200

Konfigurasi konektor STK-200 ini dapat disederhanakan menggunakan konfigurasi konektor ISP standar AVR (MOSI-MISO-SCK-RESET-Vcc-GND) seperti terlihat pada gambar 3 berikut.

Gambar 3. Konektor ISP standard AVR

Produk USB programmer yang telah menggunakan konektor standard ISP adalah modul USB programmer buatan CH electronics . Lihat gambar 4.

Gambar 4. USB programmer (PRG-001 versi 3.0)
Sumber :  CH electronics

Jadi, tunggu apa lagi? Segera buat USB programmer anda sendiri! Namun apabila Anda tidak punya waktu untuk membuat (ingin tinggal menggunakan saja), anda dapat membelinya ditoko mikrokontroler yang ada disekitar kota Anda tinggal. Misalnya seperti toko elektronika online CH electronics dengan alamat website www.circuits-home.com


0 Comment For "USB programmer"

Kami hanya mengizinkan komentar yang berkualitas!

Back To Top