ROBOTICS UNIVERSITY. Diberdayakan oleh Blogger.

Robotika: Mengutamakan Proses Belajar, Bukan Sekedar Hasil


robotics-university.com
| Makalah ini menyajikan informasi tentang perjalanan dan perkembangan penelitian bidang robotika di Indonesia dan informasi mengenai bidang kehidupan sehari-hari yang memanfaatkan teknologi robot. Makalah ini juga akan memaparkan tentang manfaat pembelajaran robotika sejak dini bagi sumber daya manusia (SDM) Indonesia, yaitu peserta didik dan pendidik (guru/dosen). Kemudian dijelaskan juga mengenai metode pembelajarannya. Selanjutnya makalah ini mencoba meluruskan orientasi instansi pendidikan (sekolah/Perguruan tinggi) dalam mempelajari robotika, yaitu pembelajaran robotika harus mengutamakan proses belajar, bukan sekedar hasil (memperoleh kemenangan dalam kompetisi robot). Supaya SDM Indonesia menjadi SDM yang mumpuni dalam bidang robotika, sehingga dapat mewujudkan kontribusi positif mereka di masa depan bagi bangsa dan negaranya, Indonesia.

Penulis makalah ini juga memaparkan usul kepada pemerintah (dalam hal ini RISTEKDIKTI dan/atau kementerian lain yang terkait) supaya mengarahkan penelitian bidang robotika di Indonesia tidak hanya untuk konsumsi laboratorium (tugas akhir mahasiswa atau menghasilkan jurnal) atau hanya untuk mengikuti kontes robot saja, akan tetapi juga berorentasi pada penciptaan robot-robot yang dapat diaplikasikan di dunia industri (re-orientasi). Sehingga dapat digunakan oleh perusahaan-perusahaan yang membutuhkan teknologi robot dalam proses produksinya, karena selama ini perusahaan-perusahaan tersebut masih saja menggunakan robot-robot buatan Negara lain (impor). Hal ini adalah tantangan berat yang harus dijawab dengan keseriusan dan sinergitas kerja semua elemen terkait di Negeri ini.

Kata kunci: robot, proses belajar robotika, kontribusi masa depan, re-orientasi penelitian robotika

Download full-text di sini!






_______
Catatan: Disajikan dalam workshop robotika dengan tema “Membangun Karakter Generasi Muda Melalui Robotika” yang diselenggarakan oleh BTKP DISDIKPORA DIY pada 1 September 2015
Tag : Jurnal/Paper
0 Comment For "Robotika: Mengutamakan Proses Belajar, Bukan Sekedar Hasil "

Kami hanya mengizinkan komentar yang berkualitas!

Back To Top