ROBOTICS UNIVERSITY. Diberdayakan oleh Blogger.

Pembelajaran Robotika

robotics-university.com | Berdasar pengalaman penulis [Taufiq, 2015] dalam mengisi pelatihan robotika. Penulis menganggap memulai belajar robotika dengan melakukan praktek membuat robot dan melombakan robot tersebut, kemudian baru diikuti dengan penjelasan robotika secara teoritis adalah metode yang efektif diterapkan kepada mahasiswa/siswa peserta didik (pelatihan/ekstra-kurikuler). Penulis mempelajari metode ini dari buku karya [Endra, 2006: 6-7] yang menjelaskan tentang terobosan metode pengajaran robotika kepada mahasiswa di MIT (Massachusette Institute of Technology). Tabel 1 merupakan langkah belajar yang penulis gunakan dalam mengisi pelatihan robotika.

Tabel 1. Langkah belajar robotika


Meskipun demikian, penulis tidak menutup kemungkinan ikut menggunakan metode lain dalam belajar robotika. Seperti metode yang sampaikan oleh [Eko Henfri B. et al, 2013], yang mengajarkan robotika dengan pendekatan menejemen kurikulum, yaitu dengan membuat matriks kurikulum pembelajaran robotika yang berfokus pada learning outcomes dari proses pembelajaran.

Berbicara masalah metode pembelajaran, menurut saya, dalam metode pembelajaran itu tidak ada istilah “metode yang salah” dan “motode yang benar”, namun yang ada adalah istilah “metode yang cocok” dan “metode yang tidak cocok”. Untuk tujuan (goal) pembelajaran yang sama, yaitu peserta didik memahami dan menguasai robotika, baik secara teori maupun secara praktek, maka penggunaan metode pembelajaran adalah disesuaikan dengan faktor-faktor pendukungnya. Antara lain faktor peserta didik (level SD/SMP/SMA/SMK/Mahasiswa), instruktur (guru/trainer), dan fasilitas yang tersedia.




__________________
Sumber Pustaka:
[Eko Henfri B. et al, 2013] Eko H. B., Dwi K. B., Adnan R. A. B., dan Endah S. N., 2013, “Design of Curriculum Matrix for Robotics Education Derived from Bloom's Taxonomy and Educational Curriculum of 2013”, International Seminar on Applied Technology, Science, and Art (APTECS) 2013.

[Endra, 2006] Endra Pitowarno, 2006, Robotika: Disain, Kontrol, dan Kecerdasan Buatan, CV. Andi Offset, Yogyakarta.

[Taufiq, 2015] Taufiq Dwi Septian Suyadhi, 2015, "Robotika: Mengutamakan Proses Belajar, Bukan Sekedar Hasil", Workshop robotika - Membangun Karakter Generasi Muda Melalui Robotika, BTKP DISDIKPORA DIY, 1 September 2015
Tag : Robotika
0 Comment For "Pembelajaran Robotika"

Kami hanya mengizinkan komentar yang berkualitas!

Back To Top