ROBOTICS UNIVERSITY. Diberdayakan oleh Blogger.

Robot

robotics-university.com | Apa itu robot? Kata robot berasal dari bahasa Czech, robota, yang berarti pekerja. Kata robot diperkenalkan dalam bahasa inggris pada tahun 1921 oleh Wright Karel Capek pada suatu drama, Rossum’s Universal Robots (R.U.R). Robot adalah mesin hasil rakitan karya manusia yang mampu bekerja terus-menerus tanpa mengenal lelah. Pada awalnya robot diciptakan sebagai pengganti pekerja manusia, akan tetapi untuk jangka waktu ke depan robot akan mampu mengambil alih posisi manusia sepenuhnya dan bahkan mengganti ras manusia dengan beragam jenis robot [Fu, et al, 1987].

Namun jangan khawatir, ras manusia tidak akan benar-benar tergantikan oleh robot sama sekali. Hal itu mustahil terjadi. Pada buku karya [Firebaugh, 1989], di dalam robotika (ilmu tentang robot) dikenal hukum yang berlaku untuk robot. Hukum disebut dengan Laws of Robotics yang di sampaikan oleh Isaac Asimov (seorang penulis) karena mengamati perkembangan robotika yang menjadikan robot semakin cerdas. Ada 3 hukum robot yang disampaikannya yaitu: 1) First law: A robot must never harm a human being, 2) Second law: A robot must always obey a human being, 3) Third law: A robot must protect itself from harm.
Laws of robotics:
First law - A robot must never harm a human being,
Second law - A robot must always obey a human being,
Third law - A robot must protect itself from harm.

Jadi dari hukum tersebut, pada kondisi normal (robot tidak error) tidak akan ada robot yang mampu melukai pembuatnya, tidak akan ada robot yang tidak mengikuti perintah pembuatnya, dan robot akan mampu melindungi dirinya sendiri dari serangan yang berasal dari lingkungan sekitarnya berada.

Dalam [Firebaugh, 1989], definisi robot menurut asosiasi robot industri adalah:
A robot is a re-programmable, multi-functional, manipulator designed to move material, parts, tools, or other specialized devices through various programmed motions for the performance of a variety of tasks.
Masih dalam [Firebaugh, 1989] yaitu definisi robot yang direkomendasikan untuk mahasiswa yang tertarik pada matakuliah kecerdasan buatan (artificial intelligence) adalah:
A robot is a computer with the purpose and capability of motion.







Sumber Pustaka:
[Firebaugh, 1989] Firebaugh, Morris W. (1989). ARTIFICIAL INTELLIGENCE (A Knowledge-Based Approach). PWS-KENT publishing company, Boston, Massachusetts.

[Fu, et al, 1987] Fu, K. S., Gonzalez, R. C., Lee, C.S.G, 1987. ROBOTICS: Control, Sensing, Vision, and Intelligence, McGraw-Hill, Inc.

[Taufiq, 2010] Taufiq Dwi Septian Suyadhi, 2010, “Buku Pintar Robotika”, ANDI Offset, Yogyakarta

Tag : Robotika
0 Comment For "Robot"

Kami hanya mengizinkan komentar yang berkualitas!

Back To Top