Penguat Integrator (Integrating Amplifier)

robotics-university.com | Konfigurasi untai op-amp integrator adalah sama dengan konfigurasi untai penguat inverting. Perbedaannya terletak pada komponen pembalik/feedback­-nya. Pada penguat inverting, komponen pembaliknya berupa resistor (RF) sedangkan pada integrator, komponen pembaliknya berupa kapasitor (C). Kapasitor disini merupakan komponen penghambat/isolasi berbasis frekuensi (Frequency Dependent Impedance) yang disimbolkan dengan huruf Z. Sehingga dapat dikatakan bahwa hambatan resistor RF tergantikan dengan oleh hambatan berbasis frekuensi dalam kapasitor dengan simbol Z (satuannya adalah Ohm, Ω). Hambatan seperti ini sering dinamakan dengan ‘Impedansi’. Konfigurasi untai penguat integrator ditunjukkan seperti pada gambar 1, sedangkan persamaan untuk memperoleh nilai impedansi kapasitor (Zc) adalah mengikuti persamaan (1).


Gambar 1. Untai penguat integrator
(Sumber: http://www.electronics-tutorials.ws/)

……...………………..................................……………...…(1)

Selama tegangan input pada terminal inverting (pada untai penguat integrator) bernilai nol, arus input Iin akan mengalir melalui resistor input (Rin) yang dirumuskan dengan persamaan:

…………...……...........……………...…(2)

Kemudian arus yang mengalir melalui kapasitor (C) feedback dirumuskan dengan persamaan:

………………(3)

Diasumsikan bahwa impedansi masukan op-amp adalah tak berhingga (pada op-amp ideal), maka tidak ada arus yang mengalir menuju terminal op-amp. Oleh sebab itu, persamaan pada terminal input inverting adalah sebagai berikut.

……………………….......…………..…(4)

Kemudian persamaan tegangan output Vout untuk penguat integrator adalah menurut persamaan berikut ini.

……………..………..…...…(5)

Atau dapat juga dituliskan kembali dengan:

……………………......………...…(6)
Dimana:

…………………………………........................……...…(7)

…………………………………….............................……...…(8)

Tanda minus (-) pada persamaan Vout menunjukkan adanya pergeseran sudut phase sebesar 180 derajat, ini terjadi karena sinyal input terhubung langsung dengan terminal input inverting op-amp.

Persamaan (6) dapat dimodifikasi sehingga memperoleh persamaan penguatan (gain) op-amp konfigurasi penguat integrator, yaitu:

…………….……………....…(9)





__________
Sumber pustaka:
Taufiq Dwi Septian Suyadhi, 2010, “Buku Pintar Robotika”, ANDI Offset, Yogyakarta
Thomas Sri widodo, 2002, “Elektronika Dasar”, Salemba Teknika, Jakarta
http://www.electronics-tutorials.ws/


Share on Google Plus

About Taufiq D.S. Suyadhi

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment