ROBOTICS UNIVERSITY. Diberdayakan oleh Blogger.

Operasional Amplifier (Op-Amp)

robotics-university.com | Operasional amplifier adalah komponen elektronika yang merupakan penguat-gandeng langsung (direct coupled) yang memiliki perolehan tinggi dengan impedans masukan (input) tinggi dan impedans keluaran (output) rendah (Thomas Sri widodo, 2002:100).


Sebenarnya Op-amp adalah mirip dengan suatu penguat diferensial dengan dua buah masukan V1 dan V2 (lihat gambar 1). Penguat diferensial memiliki fungsi untuk memperkuat bedaan antara dua sinyal masukan (V1 dan V2).

Hal yang sama antara penguat diferensial dengan Op-Amp adalah kedua-duanya memiliki sinyal output yang merupakan perbedaan antara kedua sinyal input-nya (-Vin dan +Vin atau V1 dan V2).

Namun hal yang membedakan antara keduanya adalah, Op-Amp tidak mampu mengatasi perubahan tegangan output-nya walaupun nilai input-input-nya sama ketika terjadi perubahan kondisi parameter pada rangkaian/untai sistem yang didukungnya (misal disebabkan karena perubahan suhu), sedangkan penguat diferensial mampu untuk mengatasi perubahan tersebut.


Gambar 1. Rangkaian penguat diferensial
(Sumber: http://www.electronics-tutorials.ws/)

Op-amp di dalamnya terdiri dari beberapa bagian, yaitu pertama adalah penguat diferensial, penguatan tambahan (gain), rangkaian penyangga (buffer) & penggeser level (level shifter) dan kemudian penguat akhir yang biasanya dibuat dengan penguat push-pull kelas B. Lihat gambar 2!


Gambar 2. Diagram blok internal sebuah Op-Amp

Simbol standard Op-Amp adalah seperti terlihat pada gambar 3, disana terlihat Op-Amp memiliki dua jenis input, yaitu V1 yang merupakan input non-inverting (+) dan V2 yang merupakan input inverting (-), serta sebuah keluaran (output) Vo.


Gambar 3. Diagram skematik simbol Op-Amp
(Sumber: http://www.electronics-tutorials.ws)



__________
Sumber pustaka:
Taufiq Dwi Septian Suyadhi, 2010, “Buku Pintar Robotika”, ANDI Offset, Yogyakarta
Thomas Sri widodo, 2002, “Elektronika Dasar”, Salemba Teknika, Jakarta
http://www.electronics-tutorials.ws/

0 Comment For " Operasional Amplifier (Op-Amp) "

Kami hanya mengizinkan komentar yang berkualitas!

Back To Top