ROBOTICS UNIVERSITY. Diberdayakan oleh Blogger.

Driver Motor Robot3

robotics-university.com | Robot3 tidak membutuhkan gerakan mundur. Sehingga driver motor DC aktuator robot3 dirancang supaya hanya dapat mengendalikan putaran motor dalam 2 keadaan (lihat gambar 1), yaitu motor berputar searah jarum jam (clock-wise, CW) dan motor tidak berputar. Saat motor kanan dan kiri robot3 berputar CW, maka robot3 akan berjalan maju. Dan saat motor tidak berputar, maka robot3 akan berhenti. 

Bagaimana jika diharapkan robot3 berbelok ke kanan dan ke kiri? 

Untuk berbelok, maka harus dikombinasikan kondisi berputar dan tidak berputar pada motor roda kanan dan motor roda kiri. Untuk lebih mudahnya, perhatikan tabel 1 berikut!



Gambar 1. Driver motor Darlington robot3

Prinsip kerja driver motor DC dengan konfigurasi transitor darlington adalah seperti halnya saklar. Dengan pemberian tegangan (logika high) pada kaki basis (VB) transistor D400, maka akan menjadikan transistor D400 dan TIP41 dalam kondisi aktif sehingga akan menghubungkan tegangan 0 volt atau ground (GND) menuju kaki ke-2 terminal motor-1. Oleh sebab kaki ke-1 terminal motor-1 terhubung dengan sumbr tegangan 12 volt, maka pada saat itu juga motor yang terhubung dengan terminal motor-1 (JP1) akan berputar. Putaran motor akan berhenti apabila logika high pada kaki basis transistor D400 berubah menjadi logika low (0 volt). Untuk lebih memahami prinsip kerja driver motor DC pada robot3, silakan menyermati tabel 2 dan tabel 3 berikut!

Tag : Robot3
0 Comment For "Driver Motor Robot3"

Kami hanya mengizinkan komentar yang berkualitas!

Back To Top