ROBOTICS UNIVERSITY. Diberdayakan oleh Blogger.

Robot Line Follower Analog Ke-3

robotics-university.com | Lagi-lagi robot LF analog! Hemm, memang proyek robot ketiga kita masih berbincang tentang robot LF analog. Jangan bosan! belajar robotika itu memang harus dimulai dari yang sederhana, sebelum nantinya kita siap menghadapi hal-hal rumit dalam proses mempelajarinya. Kata pepatah, “sedikit demi sedikit, lama-lama menjadi bukit”. 

Robot LF analog yang akan kita bangun kali ini adalah robot LF analog dengan 4 buah sensor, pengendalinya berupa kombinasi gerbang logika NAND dalam IC 74LS00, dan menggunakan driver motor berupa konfigurasi transistor darlington. 


Gambar 1. Robot line follower analog (Robot3)

Tahapan pembuatan robot3 adalah sama dengan proyek-proyek robot kita seebelumnya, yaitu pertama, memahami dan membuat sistem elektronika. Kedua, membuat desain layout PCB dan PCB. Ketiga, memasang komponen pada PCB dengan benar. Keempat, merakit sistem robot3 (mekanik & elektronika). Kelima, memahami cara kerja robot3. Keenam, melakukan uji coba robot3. Gambar 1 merupakan gambar bentuk robot3 yang akan kita bangun bersama-sama. Untuk penjelasan selengkapnya, silakan menyimak tulisan saya selanjutnya yang terkait dengan proyek robot3 di website belajar robotika ini.

Oya, tulisan tentang proyek pembangunan robot3 ini saya tulis berdasarkan buku robotika berjudul “Build Your Own Line Follower Robot” yang saya tulis pada tahun 2008 saat saya baru mulai belajar menulis dan mempelajari robotika. Jadi bagi Anda yang pernah membacanya atau bahkan membelinya, saya ucapkan terima kasih. Untuk kekurangan-kekurangan yang ada, saya mohon maaf. Semoga ke depan, tulisan-tulisan saya akan lebih baik. Amiin.

Dalam proyek membangun robot3 ini, saya melakukan perbaikan pada desain PCB. Jika desain PCB robot3 dalam buku “Build Your Own Line Follower Robot” saya buat dengan software PCB Designer yang sangat manual, namun dalam proyek robot3 dalam tulisan ini saya buat menggunakan software Eagle. Sehingga desainnya lebih bagus dan ukurannya juga relatif lebih kecil. Anggap saja tulisan tentang robot3 ini merupakan edisi revisi buku “Build Your Own Line Follower Robot” :-)

Tag : Robot3
0 Comment For "Robot Line Follower Analog Ke-3"

Kami hanya mengizinkan komentar yang berkualitas!

Back To Top