ROBOTICS UNIVERSITY. Diberdayakan oleh Blogger.

Cara Instalasi Robomind

robotics-university.com | Berikut ini adalah langkah-langkah dalam instalasi software belajar dasar pemrograman pengendalian robot, RoboMind.

Langkah 1:
Download installer RoboMind pada link http://www.robomind.net/en/download.html. Selanjutnya lakukan proses instalasi. Klik dua kali (double-click) file RoboMindSetup4.3.exe yang telah anda download (lihat gambar 1). RoboMind termasuk software gratis selama digunakan hanya untuk keperluan belajar secara personal (home setting). Hingga saat tulisan ini ditulis (25/12/2013), RoboMind versi 4.3 telah di-release.

Gambar 1. Robomind installer (*.exe)

Langkah 2:
Pilih bahasa instalasi sesuai yang kita inginkan. RoboMind juga telah tersedia pilihan bahasa Indonesia. Bagi Anda yang belum terbiasa dengan bahasa Inggris dapat memilih pilihan bahasa Indonesia untuk mempermudah proses belajar. Lihat gambar 2 dan gambar 3.

Gambar 2. Select Setup Language(a)

Gambar 3. Select Setup Language(b)

Namun, penulis tidak merekomendasikan pembaca mengganti pilihan bahasa dengan bahasa Indonesia. Hal ini karena bahasa pemrograman dalam RoboMind hanyalah program untuk kita belajar memahami bentuk bahasa pemrograman dalam robotika. Pada tingkat selanjutnya, RoboMind tidak dapat diterapkan dalam kerja-kerja programming yang lebih rumit.

Bahasa program yang banyak digunakan saat ini untuk robot programming adalah seperti bahasa BASIC atau bahasa C dimana kedua bahasa program tersebut perintah/instruksinya dibuat dalam bahasa Inggris. Bagi Anda yang belum terbiasa dengan bahasa Inggris sebaiknya mulai membiasakan diri. Sepakat ya!

Setelah memilih bahasa instalasi, kemudian klik tombol OK. Kemudian akan muncul jendela yang tampak seperti gambar 4 berikut. Klik tombol Next>.

Gambar 4. Welcome RoboMind setup

Langkah 3:
Pada jendela ”License Agreement” pilih ”I accept the agreement”, kemudian klik tombol Next>.

Gambar 5. License agreement

Langkah 4:
Tentukan direktori tempat kita menyimpan file-file instalasi. Secara default, file instalasi RoboMind akan mengarah ke direktori C:\Program Files\RoboMind. Jika kita tidak ingin mengubahnya, maka langsung klik Next>.

Gambar 6. Select destination location

Selanjutnya akan muncul jendela yang menyatakan bahwa instalasi RoboMind telah siap. Klik tombol Install.

Gambar 7. Ready to install

Langkah 5:
Tunggu proses instalasi hingga selesai.

Gambar 8. Installation process

Selanjutnya akan muncul jendela yang menyatakan bahwa proses instalasi RoboMind telah selesai. Klik tombol Finish. Sampai di sini, berarti proses instalasi telah selesai.

Gambar 9. Robomind installation complete

Setelah proses instalasi RoboMind Selesai, maka secara otomatis pada Desktop komputer akan tersedia tombol shortcut RoboMind untuk menjalankan software RoboMind. Lihat gambar 10.

Gambar 10. RoboMind shortcut

Untuk menjalankannya, klik dua kali shortcut tersebut. Dengan shortcut inilah proses belajar pemrograman robot menggunakan software Robomind akan dimulai, ayo mulai belajar!



Tag : RoboMind
0 Comment For "Cara Instalasi Robomind"

Kami hanya mengizinkan komentar yang berkualitas!

Back To Top