ROBOTICS UNIVERSITY. Diberdayakan oleh Blogger.

RoboMind


robotics-university.com | RoboMind merupakan software yang dapat digunakan sebagai alat belajar membuat program pengendalian pergerakan robot. RoboMind adalah software buatan Research Kitchen di Universty Of Amsterdam, Belanda.

Belajar pemrograman robot dengan RoboMind, kita tidak perlu membuat fisik robot secara nyata (real), karena dalam RoboMind robot yang kita kendalikan adalah robot virtual yang telah terintegrasi dalam software ini. Untuk lapangan (gamefield) uji cobanya, kita juga tidak perlu membuatnya secara nyata. Ada banyak pilihan model lapangan yang telah disediakan. Kita tinggal memilih sesuai dengan keinginan (file *.map). Dalam software RoboMind ini tersedia dua mode pengandalian robot, yaitu pertama mode pengendalian secara manual, yaitu pengendalian robot dengan menggunakan panel remote-control dan yang kedua mode pemrograman, yaitu mengndalikan pergerakan dan tingkah robot dengan menggunakan perintah-perintah tertentu dalam bahasa pemrograman standard RoboMind. Bagi Anda yang masih awam dengan bahasa pemrograman, jangan khawatir. Karena bahasa pemrograman RoboMind sangat mudah dipahami oleh pemula dan bahkan orang yang awam dengan bahasa pemrograman sekali pun. 
Hal-hal penting yang harus dipersiapkan sebelum belajar mengendalikan robot dengan bantuan software RoboMind adalah pertama cara meng-install, kedua cara menjalankan RoboMind, ketiga mengetahui fungsi dan cara menggunakan fitur-fitur yang ada dalam RoboMind, dan keempat memahami struktur bahasa pemrograman pengendalian robot dengan RoboMind dan cara menerapkannya.


File installer RoboMind dapat kita download dari website resmi RoboMind, yaitu:

http://www.robomind.net/en/download.html
http://www.robomind.net/downloads/robosetup.htm

Software RoboMind termasuk software gratis (free) selama digunakan hanya untuk keperluan belajar secara personal (home setting) dan tidak untuk digunakan dalam kepentingan-kepentingan komersil.


Gambar laman www.robomind.net


Tag : RoboMind
0 Comment For "RoboMind"

Kami hanya mengizinkan komentar yang berkualitas!

Back To Top