ROBOTICS UNIVERSITY. Diberdayakan oleh Blogger.

BASCOM-AVR(1)_Menyalakan Sebuah LED

robotics-university.com | Proyek belajar mikrokontroler kali ini adalah belajar menyalakan sebuah komponen light emitting diode (LED) menggunakan IC mikrokontroler. Program yang akan kita pelajari dalam proyek belajar kali ini adalah menggunakan bahasa pemrograman BASIC. Software aplikasi text-editor dan compiler yang digunakan adalah BASCOM-AVR. Berikut ini adalah gambar skematik interface antara mikrokontroler ATMEL AVR ATMEGA dual inline package (DIP) 40pin, yaitu ATmega16/32/8535 dengan 8 buah display LED. Dalam hal ini, 8 buah display LED dihubungkan (dikendalikan) dengan PORTA.

Gambar 1. Interface LED & mikrokontroler

Pada gambar 1, tampak bahwa kaki anode LED dihubungkan dengan Vcc (+5 volt). Ini artinya untuk menyalakan LED, kaki katodenya harus dihubungkan dengan tegangan 0 volt (ground, GND) supaya terjadi beda potensial pada komponen LED. Oleh karena kaki katode LED terhubung dengan kaki/pin mikrokontroler pada PORTA, maka untuk dapat menyalakan LED, pada pin mikrokontroler harus diatur (diprogram) supaya memiliki kondisi 0 volt (atau setara dengan logika nol atau GND). Cara aktifasi pin mikrokontroler seperti ini dikenal dengan istilah aktif low (0).

A. DESKRIPSI PROGRAM
Proyek belajar kali ini adalah belajar membuat program untuk menyalakan sebuah display LED yang terhubung dengan PORTA pin/bit ke-0.

B. PROGRAM
Berikut ini adalah programnya:

$regfile = "8535def.dat"
$crystal = 12000000
Config Porta.0 = Output
Led Alias Porta.0
Led = 0 ‘ aktif low


Penjelasan program:

Baris-1:

$regfile = "8535def.dat"

Pernyataan ini menunjukkan bahwa program yang kita buat ikut melibatkan file pre-prosesor 8535def.dat. File ini telah disediakan dalam software BASCOM-AVR, sehingga kita tinggal memanggilnya dengan menggunakan perintah $regfile. File preprosesor ini berisikan kode-kode pengaturan yang berkaitan dengan register dalam mikrokontroler yang akan digunakan. Dalam program ini kita pilih IC mikrokontroler AVR Atmega8535. Dalam menggunakan BASCOM-AVR kita harus menuliskan bagian program ini.

Baris-2:

$crystal = 12000000

Pernyataan ini menunjukkan bahwa dalam membuat aplikasi mikrokontroler ini kita menggunakan kristal eksternal dengan frekuensi 12 MHz (12.000.000 Hz).

Baris-3:

Config Porta.0 = Output

Pernyataan ini adalah melakukan konfigurasi PORTA (salah satu register I/O dalam mikrokontroler AVR) pada pin/bit ke-0 supaya dapat berfungsi sebagai jalur keluaran (output).

Baris-4:

Led Alias Porta.0

Pernyataan ini berguna untuk mengganti nama register I/O PORTA.0 dengan nama lain (alias). Dalam pernyataan tersebut PORTA.0 namanya diganti dengan nama “Led”. Hal ini biasanya dilakukan untuk memudahkan mengingat nama bit yang digunakan dalam suatu program karena bit akan dipanggil tidak dengan nama register asli namun dengan nama yang kita sukai dan mudah bagi kita untuk mengingatnya, seperti contoh diatas.

Baris-5:

Led = 0

Pernyataan ini adalah program utama ini, yaitu menjadikan nilai keluaran bit ‘Led’ berisi dengan 0. Karena rangkaian elektronika/hardware sistem mikrokontroler yang kita buat adalah seperti gambar diatas, maka untuk menyalakan display LED kita harus membuat keluaran pin I/O (PORTA.0) berlogika rendah (low). Hal ini sering disebut dengan istilah aktif low.

C. COMPILE PROGRAM
Untuk mengetahui bagaimana cara meng-compile program yang telah kita buat dengan menggunakan sofware BASCOM-AVR, silakan membaca tulisan dalam website ini yang berjudul "Cara Menggunakan BASCOM-AVR." Klik di sini!

D. DOWNLOAD PROGRAM (*.hex)

Untuk mengetahui bagaimana cara men-download file program *.hex hasil compile kedalam IC mikrokontroler, silakan membaca tulisan dalam website ini yang berjudul "Cara Download Program (HEX)." Klik di sini!


Tag : BASCOM-AVR
0 Comment For "BASCOM-AVR(1)_Menyalakan Sebuah LED"

Kami hanya mengizinkan komentar yang berkualitas!

Back To Top