ROBOTICS UNIVERSITY. Diberdayakan oleh Blogger.

Definisi & Sejarah BASIC

Definisi BASIC
Sebelum melangkah lebih jauh dalam belajar pemrograman bahasa BASIC, sebaiknya kita ketahui dan pahami terlebih dahulu mengenai definisi BASIC. Menurut sumber ensiklopedia online Wikipedia (
www.id.wikipedia.org/wiki/BASIC) Beginners’ All-purpose Symbolic Instruction Code atau disingkat dengan BASIC adalah sebuah kelompok bahasa pemrograman tingkat tinggi. Secara harfiah, BASIC memiliki arti "kode instruksi simbolis semua tujuan yang dapat digunakan oleh para pemula". Memang, istilah "Bahasa BASIC" di sini juga bisa diartikan menjadi bahasa untuk pemula, atau dengan kata lain, disebut sebagai bahasa dasar, tapi hal tersebut dirasa kurang tepat, mengingat BASIC dapat juga digunakan oleh para pemrogram ahli.

SEJARAH BASIC
Pada tahun 1963 bahasa pemrograman BASIC dikembangkan oleh John George Kemeny danThomas Eugene Kurtz yang berasal dari Dartmouth College. Pada waktu itu, komputer belum digunakan secara luas. Hanya mereka yang mampu membuat perangkat lunak (software) sendiri yang dapat menggunakannya, seperti para matematikawan dan ilmuwan. Dengan dikembangkannya bahasa pemrograman BASIC, menjadikan komputer dapat digunakan oleh para mahasiswa dari jurusan selain jurusan ilmu eksakta.

Setelah diciptakan, pengguna bahasa pemrograman BASIC mulai menjamur dan banyak yang mampu memodifikasi. Akhir tahun 1970-an, bahasa BASIC menjadi bahasa yang paling populer digunakan pada komputer mikro dan pada tahun 1980-an komputer rumahan pun mulai menggunakannya. Hingga saat ini, bahasa BASIC menjadi bahasa yang dialeknya beberapa kali mengalami evolusi. Oleh sebab terjadinya evolusinya sehingga menghasilkan ketidakseragaman dari bahasa BASIC itu, maka pada tahun 1978 American National Standard International (ANSI) membuat standard untuk bahasa pemrograman BASIC. Standarisasi ini bertujuan untuk keseragaman antara versi bahasa BASIC satu dengan versi yang lain.



Sumber : wikipedia



0 Comment For "Definisi & Sejarah BASIC"

Kami hanya mengizinkan komentar yang berkualitas!

Back To Top