ROBOTICS UNIVERSITY. Diberdayakan oleh Blogger.

MENGAPA MEMILIH BAHASA C ?



Sekarang banyak sekali terdapat bahasa pemrograman tingkat tinggi (high level language) seperti Pascal, BASIC, COBOL dan sebagainya. Walaupun demikian, sebagian besar dari para programmer profesional masih tetap memilih bahasa C sebagai bahasa yang lebih unggul. Berikut ini adalah alasan – alasannya :

A.  Bahasa C merupakan bahasa yang powerful dan fleksibel yang telah terbukti dapat menyelesaikan program – program besar seperti pembuatan sistem operasi, pengolah kata, pengolahan gambar (seperti pembuatan game) dan juga pembuatan kompilator untuk bahasa pemrograman baru.

B.   Bahasa C merupakan bahasa yang portabel sehingga dapat dijalankan di berbagai sistem operasi yang berbeda. Sebagai contoh program yang kita tulis dalam sistem operasi Windows dapat kita kompilasi di dalam sistem operasi Linux dengan sedikit ataupun tanpa perubahan sama sekali.

C.  Bahasa C merupakan bahasa yang sudah populer dan banyak digunakan oleh para programmer berpengalaman sehingga kemungkinan besar library (pustaka) dan aksesoris program lainnya yang diperlukan dalam pemrograman telah banyak disediakan oleh pihak luar/lain dan dapat diperoleh dengan mudah.

D.  Bahasa C merupakan bahasa yang bersifat modular, yaitu yang tersusun atas rutin – rutin tertentu yang dinamakan dengan fungsi (function) dan fungsi – fungsi tersebut dapat digunakan kembali untuk pembuatan program – program lainnya tanpa harus menulis ulang implementasinya.

E.   Bahasa C merupakan bahasa tingkat menengah (middle level language) sehingga mudah untuk melakukaninterfacing (pembuatan program antar muka) ke perangkat keras (hardware).



Referensi:
Joni, I made & Budi Raharjo, 2006, “Pemrograman C dan Implementasinya”, Bandung, Informatika

0 Comment For "MENGAPA MEMILIH BAHASA C ?"

Kami hanya mengizinkan komentar yang berkualitas!

Back To Top