ROBOTICS UNIVERSITY. Diberdayakan oleh Blogger.

ISTILAH DALAM BAHASA C

Berikut adalah beberapa istilah yang sering kita dengarkan dan akan digunakan pada penjelasan – penjelasan berikutnya.

A.  Program adalah suatu perangkat lunak (software) yang digunakan untuk keperluan - keperluan aplikatif tertentu di berbagai bidang, baik di lingkungan perusahaan, pendidikan ataupun yang lainnya. Perangkat lunak tersebut sebenarnya merupakan suatu runtutan kode – kode program yang ditulis dengan salah satu bahasa pemrograman tertentu dan telah dikompilasi melalui kompilator yang sesuai dengan bahasa pemrograman tersebut.

B.   Kompilator (compiler) dapat diartikan sebagai suatu penerjemah, artinya kumpulan kode program yang ditulis dalam suatu bahasa pemrograman tertentu yang akan diterjemahkan oleh kompilator ke dalam bahasa assembly; yang selanjutnya akan diterjemahkan lagi menjadi kode objek sehingga perintah – perintahnya akan dikenali oleh komputer. Dengan demikian komputer akan merespon permintaan kita dengan melakukan sesuatu sesuai dengan apa yang kita perintahkan.

C.  Bahasa pemrograman adalah suatu kumpulan kata (perintah) yang siap digunakan untuk menulis suatu kode program sehingga kode – kode program yang kita tulis tersebut akan dapat dikenali oleh kompilator yang sesuai. Kata – kata tersebut dalam dunia pemrograman sering dikenal dengan istilah keyword (atau disebut juga reserved word).



Referensi:
Joni, I made & Budi Raharjo, 2006, “Pemrograman C dan Implementasinya”, Bandung, Informatika

1 Comment For "ISTILAH DALAM BAHASA C"

Mantap, pengen cari kerja IT silahkan ke http://www.findgeek.com, disini banyak informasi lowongan kerja IT

Kami hanya mengizinkan komentar yang berkualitas!

Back To Top