WHAT'S NEW?
Loading...

Gerbang Logika OR (+)

robotics-university.com | Gerbang logika OR akan memberikan keluaran 1 jika salah satu dari masukannya pada keadaan 1. Jika diinginkan keluaran bernilai 0, maka semua masukan harus dalam keadaan 0.

Gerbang OR disebut juga sebagai gerbang “setiap atau semua”. Gambar di samping mengilustrasikan gagasan gerbang OR. Lampu DC akan menyala bila saklar A atau saklar B tertutup. Lampu juga akan menyala bila baik saklar A maupun saklar B tertutup. Lampu DC tidak akan menyala bila kedua saklar (A dan B) terbuka. Semua kombinasi kemungkinan keadaan saklar A dan B ditunjukkan pada table 1.


Gambar 2. Simbol gerbang OR

Simbol logika standar untuk gerbang OR digambarkan pada Gambar 2. Perhatikan perbedaan bentuk gerbang OR dengan gerbang AND.


Tabel kebenaran untuk gerbang OR 2-masukan ini ditunjukkan pada Tabel 2. Masukan-masukan ditunjukkan sebagai digit biner (bit). Perlu kita perhatikan bahwa keluaran akan menjadi 1 hanya bila salah satu atau kedua masukan A dan B adalah 1. Biner 0 didefinisikan sebagai suatu tegangan RENDAH atau tegangan tanah (ground). Biner 1 didefinisikan sebagai tegangan TINGGI.

0 comments:

Poskan Komentar

Kami hanya mengizinkan komentar yang berkualitas!