ROBOTICS UNIVERSITY. Diberdayakan oleh Blogger.

Software IDE Arduino




robotics-university.com | Software IDE Arduino adalah software integrated development environment (IDE) khusus board Arduino yang padanya telah terintegrasi text-editor dan compiler program Arduino (atau disebut dengan Sketch). Lebih mudahnya, software IDE Arduino adalah software yang dapat kita gunakan untuk menulis program, menerjemahkan program, dan mengirimkan (upload) program menuju board Arduino. Software IDE Arduino dipublikasikan secara terbuka (open source), sehingga meringankan bagi penggunanya. Pengguna tinggal mengunduh, kemudian menggunakannya tanpa harus membelinya, karena software ini gratis. Selain itu, software IDE Arduino juga cukup sering di perbarui (update). Saat tulisan ini disusun (25 Mei 2018), software IDE Arduino sudah dirilis hingga versi 1.8.5. Berikut ini adalah link pengunduhannya: 


Kunjungi link tersebut, download software IDE Arduino, dan lakukan instalasi pada komputer Anda! Jika proses instalasi telah selesai, selanjutnya buka software IDE Arduino. Pada awal pembukaannya, akan muncul tampilan seperti pada gambar di atas. 

Dalam hal penggunaannya, software IDE Arduino terbilang mudah. Bahasa pemrogramannya mirip dengan bahasa pemrograman C/C++. Sehingga bagi pengguna yang telah terbiasa menggunakan bahasa C/C++, tidak akan menemui kesulitan yang berarti, in syaa Allah. Namun bagi Anda yang sama sekali belum mengenal bahasa pemrograman, jangan khawatir tidak bisa memrogram board Arduino. 

Sesuai dengan konsepnya yang “Easy to use,” terkait dengan pemrograman board Arduino, pada halaman “Language Reference” (https://www.arduino.cc/reference/en/) laman resmi Arduino telah disajikan panduan dasar pemrograman bahasa C/C++ untuk board Arduino. 


Kunjungi www.arduino.cc, selanjutnya klik tab “Resource” kemudian klik pilihan “Reference,” maka akan terbuka halaman “Language Reference” sebagaimana gambar berikut.


Selain itu, pada software IDE Arduino sendiri telah menyediakan file-file program contoh yang tentunya akan membantu pengguna software IDE Arduino dalam memahami cara pemrograman dan struktur bahasa program C/C++ untuk Arduino. 


Gambar 1. Cara membuka contoh program 

Cara membuka file contoh program adalah sebagai berikut (sambil melihat gambar 1): 
1. Buka software IDE Arduino. 
2. Pilih/klik menu “File” pada menubar atas. 
3. Gerakkan kursor ke bawah menuju pilihan “Examples” 
4. Geser kursor ke kanan dan pilih salah satu contoh program. Misalnya contoh program “Blink.” 
5. Maka akan terbuka contoh program “Blink,” seperti tampak pada gambar 2 di bawah ini. 


Gambar 2. Contoh program “Blink” 

Dengan panduan (Language reference) pada website Arduino dan contoh-contoh program yang telah tersedia pada software IDE Arduino, maka hal ini tentunya sangat menambah kemudahan bagi pengguna dalam membuat program untuk proyek sistem kendali otomatis menggunakan board Arduino yang akan atau sedang dibangunnya. 



0 Comment For "Software IDE Arduino "

Kami hanya mengizinkan komentar yang berkualitas!

Back To Top