ROBOTICS UNIVERSITY. Diberdayakan oleh Blogger.

Mengapa Menggunakan Arduino?



robotics-university.com | Kita memilih menggunakan suatu produk tentunya punya alasan, mengapa memilih menggunakan produk tersebut? Paling tidak pertimbangan kita adalah masalah harga, kualitas, dan kemudahan dalam pengoperasian. Pertama, harga, semua orang pasti ingin memiliki produk yang harganya sesuai dengan kondisi kantong atau dompet alias terjangkau (atau tepatnya murah meriah). Kedua, selain murah, produk tersebut kualitasnya bagus, tidak mudah rusak dan kalau bisa tetap dalam kondisi prima selama-lamanya tanpa ada kerusakan. Kemudian yang ketiga, mudah dalam pengoperasiannya, faktor ini menjadi salah satu faktor penting dalam pertimbangan kita dalam membeli suatu produk. Kita tidak mau kan, membeli produk tapi susah banget saat ingin menggunakannya? Sampai harus mengeluarkan effort yang berlebih ketika ingin mengambil manfaat dari produk yang sudah kita beli. Ketiga hal inilah yang pasti menjadi faktor pertimbangan kita apabila akan membeli suatu produk, khususnya produk elektronika. Betul? 

Tidak dapat dipungkiri, demikian juga dengan Arduino board, Saya, Anda, dan/atau orang lain pasti punya alasan, mengapa memilih menggunakan Arduino dalam membangun aplikasi sistem kendali otomatis? Berikut ini adalah alasan-alasan yang akan menjadikan kita bersedia membeli dan menggunakan Arduino board. 

Harga Terjangkau 
Ardunio board memang didesain untuk membangun prototype aplikasi elektronika kendali otomatis dengan harga yang murah, sehingga terjangkau oleh daya beli konsumen dari level anak-anak, pelajar, mahasiswa, pehobi, guru, dosen, dan peneliti. 

Mudah dalam pengoperasian 
Konsep Arduino board memang “easy to use,” yaitu dapat dengan mudah digunakan oleh segala kalangan konsumen pengguna (user). Baik dari kalangan yang memiliki dasar ilmu teknik (elektro & programming), maupun dari kalangan yang sama sekali tidak memiliki dasar ilmu teknik. Meski demikian, dalam penggunaan Arduino board, konsumen harus memiliki kemampuan membaca, menggunakan komputer, menulis (mengetik program), dan mau melakukan percobaan-percobaan membuat proyek-proyek sistem kendali otomatis secara mandiri. 

Kualitas
Berkaitan dengan kualitas. Hal ini tergantung dengan cara pengguna dalam mengoperasikan Arduino board. Apakah dengan cara yang tepat dan sesuai prosedur atau tidak. Selain itu juga tergantung pada peruntukan board Arduino. Apakah digunakan pada ruang terbuka (out-door) atau ruang tertutup (in-door). 

Platform sistem operasi 
Arduino board dapat digunakan pada hampir semua platform sistem operasi komputer terkenal di dunia. Sistem operasi Windows, Macintosh OSX (Mac OS), dan Linux dapat digunakan untuk menjalankan Arduino board. 

Software IDE Arduino 
Software IDE Arduino dipublikasikan secara terbuka (open source), sehingga meringankan bagi penggunanya. Selain itu, Software IDE Arduino juga cukup sering di perbarui (update). Saat tulisan ini disusun, Software IDE Arduino sudah dirilis hingga versi 1.8.5. Berikut ini link pengunduhannya: 


Dalam hal penggunaannya, Software IDE Arduino terbilang mudah digunakan. Bahasa pemrogramannya mirip dengan bahasa pemrograman C. Sehingga bagi pengguna yang telah terbiasa menggunakan bahasa C, tidak akan menemui kesulitan yang berarti, insya Allah. 

Hardware Arduino board 
Seperti halnya software IDE Arduino, hardware Arduino board juga bersifat open source. Di laman resmi Arduino (www.arduino.cc) disediakan skematik, file PCB (dibuat dengan software EAGLE CADsoft), dan firmware untuk pembuatan board Arduino. Sehingga, apabila pengguna menghendaki, maka pengguna dapat membuat board Arduino-nya sendiri. 

Panduan/Tutorial Pendukung 
Penggunaan board Arduino menjadi semakin mudah karena di laman resmi Arduino disajikan panduan/tutorial dan informasi pendukung terkait dengan penggunaan setiap jenis board Arduino. Selain itu, di sana juga disediakan halaman forum bagi para pengguna Arduino. Dengan demikian, apabila pengguna menemui kesulitan dalam menggunakan board Arduino, pengguna dapat menyampaikan temuan kesulitannya tersebut dalam forum itu. Berikut link forum pengguna Arduino-nya: 




0 Comment For "Mengapa Menggunakan Arduino?"

Kami hanya mengizinkan komentar yang berkualitas!

Back To Top