ROBOTICS UNIVERSITY. Diberdayakan oleh Blogger.

Arduino & Proteus




robotics-university.com | Apabila para pembaca ingin membuat proyek sistem otomasi menggunakan board Arduino, namun belum mempunyai atau belum membeli board Arduino, maka pembaca bisa memanfaatkan software simulator. Dengan software simulator, kita dapat melakukan prototyping (membuat hardware) alat kendali otomatis virtual, alias tidak benar-benar membuat alat tersebut, namun hanya merancang sistem alat kendali otomatis dengan bantuan software yang dijalankan menggunakan komputer. 

Untuk simulasi proyek Arduino sederhana, ada satu software PCB designer yang dapat digunakan untuk membuat desain rangkaian/skematik elektronika sistem kendali otomatis (embedded systems) dan sekaligus dapat digunakan untuk menyimulasikan program pengendalian yang dirancang. Software PCB designer tersebut adalah Proteus (ISIS Proteus). 

Satu kelebihan Proteus dibandingkan dengan software PCB Designer yang lain adalah Proteus dilengkapi dengan library komponen programmable (Mikrokontroler dan mikroprosesor) yang mana kita dapat mengisikan (upload/download) program ke dalam komponen programmable tersebut untuk tujuan menguji rancangan (desain) program (Simulasi program), yang seolah-oleh kita benar-benar mengirim program menuju IC mikrokontroler yang sesungguhnya dan perilaku programmnya juga dapat dilihat pada desain skematik elektronika sistem yang dibangun. Beberapa brand komponen programmable yang librarynya tersedia diantaranya adalah Analog Device, ATMEL, Microchip, Parallax, Fairchild, NXP semiconductor, SG Thomson, Texas Instrument, Zilog, dan lain sebagainya. 

Bagaimana Dengan Library Untuk Board Arduino? 
Proteus belum menyediakan library untuk board Arduino, namun ada orang (tim) telah berbaik hati membuat library untuk board Arduino yang dapat digunakan pada platform Proteus. File library board Arduino tersebut dibagikan kepada khalayak secara gratis (Free) melalui websitenya, yaitu www.theengineeringprojects.com

Berikut adalah link untuk mengunduh library board Arduino untuk Proteus: 


Gambar 1. Library beberapa board Arduino untuk Proteus 

Arduino & Proteus 
Dengan adanya library board Arduino untuk Proteus, maka apabila kita ingin membuat prototype embedded systems berbasis board Arduino, namun kita belum mempunyai (membeli) board Arduino dan komponen/modul pendukungnya, kita dapat membangun prototype proyek embedded systems yang akan kita bangun dengan menggunakan software Proteus, sebelum nantinya direalisasikan menjadi hardware sistem yang sebenarnya. 

Gambar 2. Sistem minimum embedded systems berbasin board Arduino pada Proteus 



0 Comment For "Arduino & Proteus"

Kami hanya mengizinkan komentar yang berkualitas!

Back To Top