ROBOTICS UNIVERSITY. Diberdayakan oleh Blogger.

Apa itu Arduino?



robotics-university.com | Arduino adalah alat (hardware) belajar yang mudah digunakan (easy to use) dalam membuat prototype aplikasi elektronika berupa sistem kendali otomatis berbasis mikrokontroler (embedded systems). Arduino bersifat open-source baik untuk hardware-nya maupun untuk software-nya. Dengan papan (board) Arduino, seseorang yang tidak memiliki dasar ilmu teknik dan pemrograman dapat membuat aplikasi pengendali otomatisnya sendiri, seperti mengendalikan nyala light emitting diode (LED), mengendalikan putaran motor DC, membuat sistem robot, membuat aplikasi alat telecontrolling berbasis Wi-Fi atau frekuensi radio (RFID), membuat drone, hingga bahkan mungkin bisa membuat satelit. 

Konsep dan desain Arduino ditemukan dan dikembangkan oleh tim penelitian yang terdiri atas mahasiswa Interaction Design Institute Ivrea di Ivrea, Italia. Mereka adalah Massimo Banzi, David Cuartielles, Tom Igoe, Gianluca Martino, dan David Mellis. Pada saat itu, tahun 2005, proyek mahasiswa di Interaction Design Institute Ivrea adalah menggunakan “BASIC Stamp” yang harganya tergolong mahal bagi seorang mahasiswa, $100. Melihat kondisi tersebut, Massimo Banzi, salah satu dari tim penemu Arduino, berpikir bagaimana Ia dapat membuat peranti prototyping yang mudah digunakan dan harganya murah. Pada akhirnya, Ia dan teman-temannya tersebut menciptakan board dengan spesifikasi tersebut, yaitu Arduino. 

Nama Arduino diambil dari nama sebuah bar di Ivrea, Italia. Bar tersebut merupakan tempat Massimo Banzi dan para punggawa proyek Arduino tersebut bertemu. 


Massimo Banzi: How Arduino is open-sourcing imagination

Arduino founder



Sumber pustaka: 
Arduino (diakses pada 24 Mei 2018) 
What is Arduino? (diakses pada 24 Mei 2018)
Massimo Banzi: Fighting for Arduino (diakses pada 24 Mei 2018)



0 Comment For "Apa itu Arduino?"

Kami hanya mengizinkan komentar yang berkualitas!

Back To Top