Robot Line Follower Mikro Ke-1

robotics-university.com | Setelah saya mengajak Anda untuk belajar membangun 3 proyek robot LF analog (robot1, robot2, dan robot3), kali ini saya akan mengajak Anda untuk belajar membangun robot yang menggunakan IC (chip) mikrokontroler sebagai komponen pengendali utamanya. Oleh sebab menggunakan komponen yang programmable (dapat diprogram berulang-ulang), maka kita harus memiliki 2 pengetahuan tambahan, yaitu pertama, pengetahuan tentang seluk beluk IC mikrokontroler (arsitektur & fitur-fiturnya) dan kedua, pengetahuan tentang bahasa pemrograman (programming) untuk mengatur fungsi & fitur yang dimiliki oleh sebuah mikrokontroler. Jika Anda sudah memiliki kedua pengetahuan ini, silakan melanjutkan mempelajari tulisan saya kali ini. Jika belum, maka silakan Anda belajar terlebih dahulu. Untuk mempelajari kedua pengetahuan ini, Anda dapat membaca informasi tentang mikrokontroler dari buku atau artikel di internet. Termasuk tulisan-tulisan setema di dalam website ini.


Gambar 1. Robot line follower mikro (Robot4)

Proyek membangun robot kali ini adalah membangun robot4, yaitu robot LF mikro (terprogram) yang memiliki 8 buah sensor, menggunakan komponen keserdasan berupa IC mikrokontroler AVR ATMEGA32, dan driver motor berupa IC L298. 

Tahapan pembuatan robot4 adalah pertama, memahami dan membuat sistem elektronika. Kedua, membuat desain layout PCB dan PCB. Ketiga, memasang komponen pada PCB dengan benar. Keempat, merakit sistem robot (mekanik & elektronika). Kelima, memahami cara kerja robot. Keenam, membuat program pengendalian. Ketujuh, melakukan uji coba robot. Gambar 1 merupakan gambar bentuk robot4 yang akan kita buat dalam proyek membangun robot kali ini.

Share on Google Plus

About Taufiq D.S. Suyadhi

    Blogger Comment
    Facebook Comment

1 comments: