Gerbang NAND (Not AND)


robotics-university.com | Gerbang AND dihubungkan ke suatu pembalik (inverter). Masukan A dan B di-AND-kan untuk membentuk aljabar Boolean A . B. Kemudian A . B dibalik dengan gerbang NOT. Hal seperti ini dikatakan, bahwa rangkaian pada Gambar 1 tersebut merupakan suatu not-NAD atau rangkaian NAND.
Perlu diperhatikan bahwa simbol gerbang NAND merupakan simbol AND dengan gelembung kecil pada keluarannya. Gelembung tersebut kadang-kadang disebut suatu gelembung pembalik (invert bubble). Tabel 1 menunjukkan tabel kebenaran perbandingan antara gerbang AND dan gerbang NAND.


Tabel kebenaran gerbang AND dan NAND menunjukkan bagaimana setiap keluaran gerbang AND dibalik untuk memberikan keluaran NAND.

Fungsi gerbang NAND menjadi gerbang universal dalam rangkaian digital. Gerbang NAND penggunaannya sangat luas dalam sistem digital. Perhatikan tabel kebenaran gerbang NAND dalam tabel 1. Keluaran dari gerbang NAND adalah rendah (0) apabila semua masukan tinggi (1).

Share on Google Plus

About Robotics University

    Blogger Comment
    Facebook Comment

4 comments:

  1. terima kasih pak, saya sangat terbantu dengan sedikit penjelasan ini

    ReplyDelete
  2. Kalau Gerbang logika NOR gimana pak?
    mohon di share dong materinya..
    terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk gerbang NOR ada di link berikut mas @Herlianus Loi http://www.robotics-university.com/2013/01/gerbang-logika-nor-not-or.html

      Delete